regulator gas terbaik

REGULATOR GAS TERBAIK DAN TERAMAN

Secara umum,ada 2 jenis regulator yang saat ini banyak beredar di masyarakat. Yaitu regulator HIGH PRESSURE (tekanan tinggi) dan LOW PRESSURE (tekanan rendah). Regulator HIGH PRESSURE biasanya digunakan oleh para pedagang masakan (catering) atau di restaurant-restaurant. Sementara yang baik digunakan untuk kebutuhan rumah tangga adalah regulator LOW PRESSURE.

Regulator LOW PRESSURE ini ada 2 model. Yaitu model FLIP ON (model lama) dan model BOR atau URIL (model terbaru). Umumnya,regulator yang banyak digunakan dan sudah dikenal luas di masyarakat adalah regulator LOW PRESSURE dengan model FLIP ON. Contohnya seperti pada gambar berikut ini.

 

Berdasarkan pengalaman pribadi saya,ada kelebihan dan kekurangan dari regulator model FLIP ON ini.

KELEBIHANNYA,regulator ini praktis dan mudah  untuk digunakan.

KEKURANGANNYA,

  1. Tingkat penekanannya kurang “ngigit” di bagian leher tabung,sehingga sering terjadi “ngempos” saat dipasang. Solusi yang saya lakukan adalah dengan melilitkan karet gelang atau selotif di leher tabungnya,tapi tahukah anda? ternyata apa yang saya lakukan itu berbahaya.
  2. Gampang rusak. Regulator model ini (apalagi yang murah) memang gampang rusak,karena berbagai macam sebab. Salah satunya,regulator belum pas dipasang,flip on nya sudah diputar,akibatnya rusak.
  3. Kadang-kadang tidak cocok dengan tabung gas yang berbeda. Saya sering jengkel ketika beli tabung gas yang baru,karena ketika dipasang regulator FLIP ON, seringkali tidak pas. Selidik punya selidik,ternyata leher tabung itu beda-beda. Ada yang panjang,ada juga yang pendek. solusi yang saya lakukan dengan “menindih” regulator dengan benda cukup berat seperti batu,ulekan dari batu,tapi ternyata itu juga berbahaya. Bahkan saya sempat beli alat (bracket) untuk menekan regulator supaya tidak “ngempos”,tapi malah jadi ribet dan tambah biaya. 
  4. Kadang-kadang gas tidak langsung mengalir. Saya sering menutup buka regulator karena gas tidak mau mengalir juga,dan akhirnya saya tahu kalau regulator flip on itu kadang-kadang harus diketuk-ketuk dulu regulatornya baru dia mau mengalir,kata salesnya sih itu otomatisnya..:)

Mungkin anda juga ada yang pernah mengalami apa yang saya terangkan diatas.

Sama halnya dengan regulator model FLIP ON,regulator model BOR atau URIL pun memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk lebih detil tentang kelebihannya,anda bisa baca di artikel lainnya.

Secara garis besar,ada beberapa kelebihan dan kekurangan regulator model ini.

KEKURANGANNYA, regulator model ini adalah agak lama memasangnya,kurang lebih 15 detik lebih lama dari model FLIP ON.

KELEBIHANNYA antara lain sebagai berikut

  1. Menekan kuat pada tabung.
  2. Tidak terpengaruh oleh leher tabung yang panjang atau pendek,sama saja.
  3. Lebih aman
  4. Anti bocor
  5. Lebih awet dan tahan lama.

Contoh regulator LOW PRESSURE model BOR atau URIL.

Jadi,regulator manakah yang terbaik dan paling aman? 

Saya yakin anda pasti sudah tahu jawabannya sekarang.

Banyak regulator murah yang dijual di pasaran,tapi anda jangan tergiur hanya dengan harga yang murah,karena asset anda yang jauh lebih berharga adalah taruhannya.

BIJAKLAH DALAM MEMILIH…

SEMOGA BERMANFAAT… :)

 

Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.

restu bunda
21-07-2014
Brapa harga grosir pak 085291647997/081934761757
Admin
silakan hubungi 087870173490


[1]


Copyright 2011 royciesta.com
royciesta.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap