gas elpiji

PENYEBAB GAS ELPIJI MELEDAK

Ada banyak opini yang menyebutkan tentang beberapa macam penyebab meledaknya  gas elpiji. Kalau saya simpulkan,ada 4 macam penyebab utamanya,

  1. Kualitas tabung elpiji yang kurang bagus,
  2. Kualitas kompor gas yang asal-asalan,
  3. Kualitas regulator yang tidak aman, dan
  4. Kurangnya sosialisasi dari pemerintah.

Sebenarnya,kalau saya perhatikan,kualitas tabung elpiji tidak terlalu jelek. Ada yang menyebutkan bahwa tabung gas yang 3 kg katanya tipis. Ya..!! Kalau dibandingkan dengan tabung yang 12 kg,itu memang benar. Tapi kuantitas gasnya juga kan lebih sedikit,jadi wajar kalau tabungnya lebih tipis. Tapi secara keseluruhan,kualitas tabung elpiji 3 kg menurut saya sudah cukup aman.

Selanjutnya,untuk kualitas kompor gas,saat ini pemerintah sudah lebih selektif dalam memberikan label SNI,dan para produsen kompor gas pun sudah melakukan QC (qulity control) terutama yang merknya sudah terkenal. Dan sebenarnya kualitas kompor gas tidak terlalu berbahaya.

Menurut pengamatan saya,faktor terbesar yang menyebabkan terjadinya ledakan gas elpiji adalah kualitas regulator yang digunakan kurang baik dan kurangnya informasai tentang gas elpiji ini. Saat ini banyak beredar regulator gas yang sudah berlabel SNI, tapi safety nya masih dibawah standar. Salah satu regulator yang keamanannya sudah terbukti adalah REGULATOR DESTEC.

Sebenarnya,saya sangat  mendukung peran serta para sales regulator yang menawarkan produknya dengan memberikan penjelasan tentang pemasangan regulator dan bahayanya. Tapi sayangnya,peluang ini banyak dimanfaatkan oleh para oknum sales yang melakukan berbagai penipuan di masyarakat,sehingga berimbas jelek pada image sales yang cukup profesional.

Jadi kesimpulannya,penyebab utama terjadinya kebakaran pada kompor gas elpiji (meledak) adalah kurangnya pengetahuan si pengguna kompor gas dan rendahnya kualitas regulator yang beredar di pasaran.

 

CIRI-CIRI TERJADINYA KEBOCORAN GAS

Disini saya akan memberikan beberapa informasi tentang kebocoran gas dan cara mengetahuinya.

Ciri umum terjadinya kebocoran pada pada tabung atau selang elpiji adalah adanya bau gas yang menyengat. Akan tetapi,ketika hidung kita pilek,biasanya bau gas bocor itu tidak terlalu jelas tercium. Atau ketika kita sudah terbiasa mencium bau gas,penciuman kita dengan sendirinya tidak terlalu peka terhadap bau itu,sebagai contohnya,bagi kita gundukan sampah atau mobil pengangkut sampah akan tercium aromanya walaupun jarak kita ke mobil itu cukup jauh. Tapi bagi sebagian orang (khususnya tukang sampah),bau itu sudah tidak begitu tercium karena sudah terbiasa. Begitupun dengan bau gas elpiji.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendeteksi kebocoran gas pada tabung atau selangnya. Cara yang paling gampang adalah dengan memakai cara tukung tambal ban. Kita bisa menggunakan air yang dicampur dengan sabun colek. Lalu usapkan air sabun itu ke seluruh bagian tabung dan selang. Kemudian anda perhatikan,apakah ada rembesan atau ada gelembung-gelembung yang keluar dari tabung atau selangnya,kalau tidak ada,berarti tabung anda aman untuk digunakan alias tidak bocor. Tapi kalau ada,sebaiknya anda tidak menggunakan tabung dan selang itu,karena resikonya sangat berbahaya.

Atau kalau anda ingin mengetahui kebocoran gas dengan cara yang cepat,anda bisa menenggelamkan tabung ke dalam bak yang sudah diisi air penuh. Kalau ada gelembung udara,berarti tabung anda bocor.


Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.

Mira Damayanti
30-01-2014
Terangin pemasangan gas aman tidak terjadi kebocoran,ledakan,dll.hp saya 085712278621,fb jg ada www.miradamayantiara@yahoo.com.balas ya
Admin
silakan hub 087870173490


[1]


Copyright 2011 royciesta.com
royciesta.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap